-->

SELAMAT HARI KARS NASIONAL



28 Maret dikenal sebagai hari karst, tapi bagaimana nasib karst, pada saat yg sama karst sebagai bahan baku semen sering dikorbankan untuk alasan pembangunan. sebagai ekosistem esensial yg menjadi ruang hidup cukup besar bukan hanya ada kelelawar di dalamnya (yang salah kaprah dituduh penyebab corona waktu itu), tetapi juga siklus air dan berbagai kehidupan.

Wilayah bojonegoro yang berupa dataran Karst di wilayah selatan dan dataran aluvial lembah bengawan solo yang ada di utara yang terdiri dari lempung, pasir, kerikil dan kerakal. 
Permasalahan ketersediaan air pada musim kemarau yang ada di Bojonegoro kususnya yang berada di wilayah selatan, dikarenakan struktur geologinya berupa karst dan perbukitan lipatan. Karst merupakan istilah dalam bahasa Jerman yang diturunkan dari bahasa Slovenia (kras) yang berarti lahan gersang berbatu. Istilah ini di negara 
asalnya sebenarnya tidak berkaitan dengan batu gamping dan proses pelarutan, namun saat ini istilah kras telah diadopsi untuk istilah bentuk lahan hasil proses perlarutan. Ford dan Williams (1989) mendefini-sikan karst sebagai medan dengan kondisi hidrologi yang khas sebagai akibat dari batuan yang mudah larut dan mempunyai
porositas sekunder yang berkembang baik.

Kekayaannya bukan hanya yang tampak pada epikarst dengan kanopi hutannya, tetapi bagian endokarst yang berada dibawah permukaan. Bagian endokarst meliputi air sungai bawah tanah (dalam Gua) yang kadang tidak berbatas dan berujung.

Berdasarkan sebaran temuan terkait dengan kajian arkeologi keruangan, tampak jelas adanya kandungan temuan secara  horisontal (ruang) sama. 
Perbedaannya yang terletak pada sebaran temuan secara stratigrafi (vertikal). 
Hal tersebut dapat diasumsikan bahwa penggunaan lahan Gua Kidang adalah per-lahan per kelompok. Dengan kata lain, Gua Kidang dihuni oleh beberapa kelompok dengan pengaturan  ruang, masing-masing  kelompok angka ruang (bagian gua) sendiri-sendiri. 

Gua Kidang merupakan gua hunian satu-satunya di kawasan karst Blora di Pegunungan Utara Jawa. Keistimewaan  kawasan karst Blora dibandingkan kawasan karst lainnya adalah pada proses pemesanannya. Gua Kidang merupakan gua di bawah permukaan tanah (dolina atau luweng). Selain itu, kawasan karst Blora beradapada  kompleks situs budaya  kala Pleistosen dengan kandungan temuan stegodon dan manusia purba.


#diambil dari beberapa sumber.
.
.
.


Kontributor : Kukuh Dwi Hariadi
Editor : KUKUH (AG-15.001)

0 Response to "SELAMAT HARI KARS NASIONAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Nih buat jajan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel